Cara Jitu Memahami Dan Mengatasi Karburator Yang Rusak
Karburator merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting
bagi sebuah kendaraan, terutama pada sepeda motor. Karburator juga
merupakan satu diantara komponen yang paling vital. Maka dari itu,
kondisi karburatur harus diperhatikan dengan baik. Apabila karburator
mengalami kerusakan atau setingan yang tidak tepat atau bahkan sudah
berkerak. Maka kecepatan dari sepeda motor tersebut akan terganggu dan
tentunya tidak akan bekerja dengan maksimal. Karburator sendiri memiliki
fungsi untuk mangabutkan bahan bakar dengan udara, setelah itu di
alirkan ke dalam ruang pembakaran.
Permasalahan yang sering terjadi pada kerburator ini adalah ketika
stasioner putaran mesin permenit atau yang biasa di sebut “rpm” tidak
stabil. Misalnya pada saat kendaraan dipanaskan kemudian di diamkan
begitu saja, maka secara langsung mesin akan mengeluarkan suara yang
keras serta mesinnya pun juga akan melemah dan sterusnya pun akan
seperti itu. Dibawah merupakan beberapa cara untuk mengetahui dan mengatasi karburator yang rusak,
Mesin Ngadat Ketika Stasioner
Keluahan seperti ini sering kali terjadi pada karburator motor yang
kita miliki, karena pada saat campuran bahan bakar dengan udara yang
berada di venture atau di lubang karburator ini tak seimbang sehingga
terjadi proses pembakaran yang tidak sempurna. Dan akibatnya mesin akan
tersendat atau dalam istilah bengkel yaitu brebet.
Adapun cara memperbaikinya yaitu sebagai berikut :
- Putar stelan skrup udara searah dengan jarum jam, hal tersebut bertujuan untuk memperbanyak campuran udara dengan bahan bakar.
- Selanjutnya yaitu pindahkan tempat pilot jet ke bagian tingkat yang lebih besar.
- Setelah itu, ganti jarum skep ( Throttle ) yang berdiameter lebih kecil supaya campuran udara dengan bahan bakar di dalam venturi ( lubang karburator ) bisa disemprotkan ke dalam ruang pembakaran dan mesin akan menjadi lebih besar.
Tenaga Mesin Melemah Atau Mengalami Penurunan
Permasalahan ini sebenarnya tidak jauh berbeda permasalahan di atas
tadi, yaitu terjadi pada campuran bahan bakar beserta udara yang tidak
seimbang. Untuk memperbaikinya adalah cukup mengganti main jet yang
berukuran lebih besar dari sebelumnya. Hal seperti itu terjadi karena
asupan bahan bakarnya tidak stabil.
Keluarnya Asap Hitam Dari Motor
Hal semacam ini dikarenakan karburator motor
tersebut terlalu basah, dimana asupan bahan bakar yang masuk ke dalam
venturi atau lubang karburator terlalu melebihi tekanan yang sebagaimana
mestinya. Sementara itu, udara yang masuk ke lubang karburator menjadi
lebih sedikit. Cara nyelesaikan nya adalah :
- Putar setelan skrup udara ke arah melepas supaya udara yang masuk ke dalam lubang venturi dapat bertambah.
- Selanjutnya mengganti pilot jet dengan nomer yang lebih kecil dari sebelumnya.
- Kemudian ganti jarum skep dengan jarum yang memiliki ukuran lebih besar.
Putaran Mesin Menjadi Lemah
Hal tersebut disebabkan karena udara yang masuk pada venturi ( Lubang
karburator ) lebih banyak. Sementara itu, untuk asupan bahan bakarnya
menjadi lebih sedikit tidak sebanyak dengan rancangan pabrik. Untuk
memperbaikinya adalah dengan cara :
- Pertama silahkan ganti Jarum skep dengan jarum yang memiliki ukuran lebih kecil agar campuran udara beserta bahan bakar akan menjadi lebih banyak
- Kemudian putar setelan skep udara serah dengan jarum jam atau dengan cara mengencangkan. Hal ini bertujuan agar udara yang masuk ke dalam venturi karburator bisa ditekan dengan kuat ke arah ruang pembakaran.
Tenaga Mesin Menjadi Datar
Masalah sperti ini dikarenakan campuran udara beserta bahan bakar
yang berada di dalam venturi karburator terlalu banyak, sehingga tekanan
dari mesin tersebut tidak sesuai. Hal semacam ini biasa disebut dengan
sebutan “Karburator Banjir”.
Mungkin
diatas merupakan beberapa untuk mambantu kendaraan anda yang memiliki
kerusakan pada karburator, sekian dari saya kurang lebihnya minta maaf
ANDA BUTUH DANA CEPAT, HANYA DENGAN BPKB KENDARAAN PROSES BISA SELURUH WILAYAH INDONESIA?
BPKB 100% aman, perusahaan pembiayaan nasional (TBK), persyaratan mudah, bunga paling ringanPlafon pinjaman paling tinggi 85%
Proses paling cepat (1x24 Jam)
Tanpa BI Checking
No Tipping
Untuk unit motor minimal tahun 2007
Untuk unit mobil minimal tahun 2002
Untuk unit truk bisa konfirmasi dulu
Menerima take over
Proses Sekarang
Hub Telf / SMS 085350000052
Tidak ada komentar:
Posting Komentar